Memasak dengan minyak sehat zaitun

Anda juga bisa memasak dengan minyak sehat zaitun tetapi ada beberapa cara yang harus anda perhatikan dalam memasak menggunakan minyak zaitun antara lain pertama anda harus memperhatikan titik panaskarena minyak zaitun memiliki ekstra murni mudah terbakar dan titik panasnya sekitar 190 C tetapi juga terkandung pada kadar asam lemak bebas dan jangan sampai anda memanaskan minyak melampaui titik panas atau titip asapnya karena bisa merusak minyak itu sendiri.Kedua menjaga kandungan nutrisi yang tinggi seperti  omega-9, sehingga sering digunakan sebagai media pengganti minyak goreng untuk membuat aneka masakan.
Minyak Sehat


Ketiga menumis jika anda menggunakan minyak zaitun maka jangan terlalu lama karena akan menyebabkan minyak rusak dan kehilangan nutrisi karena terlalu panas. Minyak terlalu panas, pertanda bahwa api naik, mulai berasap, saat inilah minyak mulai pecah.Keempat jenis makanan yang akan gunakan dalam minyak zaitun juga harus diperhatikan karena minyak zaitun ini kurang cocok jika dipakai untuk makanan tradisional Indonesia. Seperti nasi goreng Jawa, ayam goreng, rendang atau ayam kecap. Kelima memasak dengan saus anda bisa menggunakan minyak zaitun tersebut karena minyak zaitun ini dipakai untuk memasak makanan dengan memakai bumbu saus bening atau encer. Keenam mentah lebih baik menggunakan minyak zaitun seperti untuk salad, atau menyiram ayam goreng supaya terasa lebih lezat dan nilai gizinya cukup tinggi.

Membedakan minyak sehat zaitun

Anda bisa membedakam minyak sehat zaitun palsu maupun yang asli karena minyak sehat zaitun ini terbagi menjadi 3seperti Sulingan, Extra Virgin dan Murni.dan saya berikut penjelasannya. Minyak sehat zaitun sulingan merupakan proses yang pertama dari sulingan dan proses ini mengalami proses penyulingan lanjutan setelah proses yang pertama dan warna minyak ini kekuningan dan cocok digunakan untuk menumis. Kedua minyak ssehat zaitun murni yang biasanya berwarna hijau kekuningan dan minyak ini cocock untuk memasak dengan pemanasan yang tidak terlalu lama dan dari proses lanjutan dari jenis yang extra virgin dan harganya biasanya lebih rendah dari jenis sulingan dan extra virgin.

Minyak Sehat


Ketiga minyak sehat zaitun extra virgin yang memiliki ciri sangat khas kehijauan dan memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam dan minyak ini tridak disarankan untuk diguanakan untuk menumis dan menggoreng karena mmeiliki kadar minyak yang rendah dan minyak ini dapat langsung dikonsumsi. Anda pada saat membeli minyak zaitun harus berhati – hati karena ada yang asli amupun palsu dan cara yang tepat aapakah palsu atau asli dengan cara meletakkan satu sendok kecil minyak zaitun di telapak tangan, kemudian gosok dengan kedua tangan selama 1 menit, setelah itu ciumlah aroma minyak zaitun. Jika anda merasakan panas dan mencium aroma yang kuat di tangan berarti minyak zaitun itu asli.

0 komentar:

Posting Komentar