Perbandingan rangka atap baja ringan dan kayu

Anda ingin tahu perbandingan rangka atap baja ringan dan kayu yang sekarang ini banyak orang yang menggunakan rangka atap baja ringan dibandingkan dengan kayu. Sekarang kita bahas baja ringan yang merupakan bahan dasarnya dari bahan carbon steel yang merupakan baja yang terdiri dari sebuah elemen – elemen yang prosentase sangat maksimum selain bajanya antara lain 1.70% Carbon, 1.65% Manganese, 0.60% Silicon, 0.60% Copper. Dan karbon yang terkandung didalamnya dengan unsure kimia dengan nomor atom 6 tingkat oksidasi 4,2 dan mangan adalah unsure kimia dengan nomor atom 25, tingkat oksidasi 7.6423. Carbon dan Manganese adalah bahan pokok untuk meninggikan tegangan (strength) dari baja murni. Baja ringan memiliki sebuah kekuatan G-550 Mpa atau setara dengan 5500 Megapascal sesuai standar AISI.
rangka atap baja ringan


Sekarang untuk atap dengan menggunakan bahan kayu yang merupakan bagian keras tanamanyang bisa digoloongkan dengan pohon dan kayu digunakan untuk sebuah keperluan mulai dari memasak, membuat perabot, bahan bangunan seperti pintu, jendela, rangka atap baja, bahan kertas dan masih banyak yang lainnya. Jadi anda bisa bayangkan beberapa puluh pohon untuk diambil kayunya dan bisa mengakibatkan penebangan secara liar. Maka perbandingan antara rangka atap baja ringan dan kayu . kayu tidak mengalam perubahan dan daapt dikembalikan kepada alam secara biologis sedangkan baja ringan mengaalami perubahan dan proses reduksinya yang sangat lama, kayu tidak mencemari lingkungan dan baja ringan dengan limbah B3 berpotensi mencemari lingkungan, kayu tersedia di lokasi dan ketersediannya yang memadai jika regulasi pembalakan dilaksanakan dengan baik sedangkan baja ringan harus mendatangkan dari luat dan proses produksi melalui beberaa tahap.

Rangka atap baja ringan memiliki kelebihan


Bila kita menggunakan jual baja ringan batangan maka kita akan mendapatkan kelebihan bila dibandingkan dengan kayu. Yakni baja ringan memiliki nilai dan susutnya sangat kecil, tidak cepat berubah meskipun terkena panas dan dingin. Berbeda dengan  rangka atap kayu yang gampang lapuk jika terkena panas dan dingin. Dengan baja ringan, pemilik bangunan tidak perlu memikirkan biaya perawatan pada tahun-tahun berikutnya. Selain itu, bobot rangka baja sangat ringan dibanding kayu. Itu berarti beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah, sehingga strukturnya lebih irit.

rangka atap baja ringan


Rangka atap baja ringan mempunyai sifat tidak membesarkan api bahwa jika terjadi sebuah kebakaran baja ringan tidak membesarkan api dan berbeda dengan kayu yang membuat api semakin besar.keunggulan lainnya yang bisa kita lihat tidak dimakan rayap, berbeda dengan kayu yang setiap saat terancam rayap. Pemasangan rangka baja ringan pun lebih cepat dan praktis, karena dilengkapi pengunci khusus dan ukuranyang dimiliki baja ringan sangat  fantastis, lebar 40,6 mm dan panjang sesuai pesanan, mempercepat proses pengerjaan. Juga memperkecil kemungkinan bocor atau rembes. Jadi berahlilah untuk menggunakan rangka atap baja ringan dibandingkan dengan menggunakan rangka atap dari kayu.

0 komentar:

Posting Komentar