Tata cara umroh

Adapun tata cara umroh bila anda ingin melaksanakan ibadah umroh maka langkah – langkah ini harus anda taati sebagai berikut ihram yaitu dengan memakai pakaian ihram untuk laki – laki dan pakaian apa saja untuk perempuan yang terpenting sempurna menutup aurat dan tidak menampakkan perhiasan – perhiasan. Sebelum berihram disunahkan terlebih dahulu untuk mandi besar terlebih dahulu dan ihram dimulai di tempat tertentu atau disebut juga miqat. Biasanya miqat ini akan kita jumpai diantaranya masjid Dzul Hulaifah/Bir alil, ji’ronah dan tan’im. Tawaf adalah berjalan mengelilinhi kabah sebanyak tujuh kali putaran dengan arah yang berlawanan dengan jarum jam sehingga letak kabah disebelah kiri kita dan berjalan dimulai dari hajar aswad dan kembali dihajar aswad. Dan tiga putaran pertama berjalan lebih cepat dan selanjutnya berjalan biasa.

umroh



Sai merupakan tata cara terakhir dan sai adalah sebuah kegiatan berlari – lari kecil dari bukit safa sampai ke bukit Marwah dan cara menghitungnya adalah dari bukit safa sampai bukit marwah dihitung satu kali dan pada saat menaiki bukit shafa dan menghadap kabah kembali sambil membaca tahmid dan takbir sebanyak tiga kali sambil mengangkat ke dua tangan. Setelah anda melakukan kegiatan sai maka bercukur rambut dan boleh dipotomg pendek atau hanya sebagaian saja dan setelah bercukur rambut selesailan rangkaian rukun umroh. Maka kegiatan umroh insyaallah di terima oleh Allah swt.

Syarat ibadah umroh


Selain anda perlu tahu tata cara ibadah umroh maka selanjutnya syarat ibadah umroh bila anda ingin melaksanakan ibadah umroh antara lain Islam adalah Orang kafir tidak disyariatkan melaksanakan umroh dan ibadah-ibadah lainnya karena dia tidak mengakui dan menganut agama Islam. Baligh (Dewasa). Anak kecil yang belum baligh tidak disyariatkan melaksanakan umrah, meskipun umrahnya sah jika dia telah mumayyiz.Aqil (Berakal sehat). Tidak ada perintah melaksanakan umrah bagi orang gila dan tidak pula sah umroh yang dilakukan oleh orang gila.

umroh


Merdeka. Hamba sahaya (budak) tidak diperintahkan melaksanakan ibadah umrah karena umrah memerlukan waktu yang panjang sehingga kepentingan tuannya akan terabaikan.Istitha’ah atau memiliki kemampuan dari segi fisik, harta, dan keamanan.itulah syarat umroh dan tata cara melaksanakan ibadah umroh dan semoga anda rencanakan segera mungkin untuk melaksanakan ibadah umroh dan semoga ibadah umroh anda dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kami sebagai biro travel perjalanan ibadah umroh dan haji akan membantu anda untuk keberangkatan ibadah umroh dan haji anda.

0 komentar:

Posting Komentar