Apa Jenis Backlink Yang Baik Untuk SEO Blog ?

Backlink Yang Baik Untuk SEO Blog

Bukan praktisi SEO sejati namanya jika tidak tahu apa itu Backlink, karena pada dasarnya Backlink adalah salah satu indikator terpenting dalam SEO. Meskipun Backlink disebut sebagai indikator terpenting, namun perlu digaris bawahi bahwa Backlink bukanlah satu-satunya indikator dalam SEO, jadi masih banyak indikator lain yang digunakan oleh Google untuk meranking sebuah website / blog, atau hal ini biasa disebut sebagai Ranking Factor, dan jumlahnya pun tak main-main, mencapai 200 buah.

Sebagai seorang newbie / pemula, jujur saya sangat bingung dan kesulitan memahami ke dua ratus Google's Ranking Factor tersebut, selain karena jumlahnya yang terlalu banyak, faktor lain juga karena bahasa yang digunakan adalah bahasa jawa inggris.

Setelah putar otak dan minta bantuan kepada eyang Gugel Translate, akhirnya saya bisa mengartikan ke 200 Google's Ranking Factor, dan membuat kesimpulan dari data tersebut, yang akan saya bagikan esklusif untuk pengunjung Blog Berguru SEO yang cantik cantik sakti dan ganteng ganteng seringgila ini.

  1. Domain Factors
  2. Page Level Factors
  3. Site Level Factors
  4. Backlink Factors
  5. User Interaction
  6. Social Algorithm Rules
  7. Social Signals
  8. Brands Signals
  9. On-Site Webspam Factor
  10. Off-Page Webspam Factor

Dari 200 saya ringkas jadi 10 buah, sungguh amat biasa bukan ?

Perlu dicatat bahwa di artikel saya tidak akan menjelaskan secara mendalam mengenai kesepuluh Factor / Signal tersebut, karena sesuai judul yang saya tulis diatas, pembahasan kita kali ini hanya berpusat pada Backlink, jadi hanya poin nomor 4 / Backlink Factors lah yang akan saya jabarkan disini, sementara untuk poin lain akan saya bahas di artikel yang lain pula.

Sebenarnya Anda bisa melihat / membaca langsung Backlink Factors dari infographic yang dibuat oleh Search Engine Journal & Backlinko, namun jika nanti saya langsung berikan gambar infographicnya, maka artikel ini akan menjadi sangat sedikit alias pendek, dan itu sangat berpeluang mendapat pinalti Google yaitu Thin Content.

Untuk mencegah hal tersebut, maka terlebih dahulu akan saya jelaskan menggunakn Teks, barulah di akhir nanti Anda bisa langsung melihat infographic mengenai Backlink Factor.

  • Linking Domain Age

    Backlink yang berkualitas itu berasal dari domain yang sudah berusia lanjut, atau domain tua. Artinya semakin tua domain tersebut maka semakin baik / berkualitas pula Backlink yang akan kita dapat.
  • Authoriy Of Linking Domain

    Sudah menjadi rahasia umum, bahwa 10 link yang berasal dari 10 situs dengan Authority tinggi (PA / DA) akan jauh lebih baik dibandingkan 1000 link yang berasal dari situs ber Authority rendah.
  • Separate C-Class IP

    Penjelasan singkatnya adalah usahakan untuk mencari Backlink dari situs yang mempunyai IP Hosting berbeda, jadi Backlink Berkualitas itu adalah backlink yang didapat dari C-Class IP yang bervariasi. Apa itu C-Class IP ? silahkan googling.
  • Backlink Anchor Text

    Sebagian dari kita pasti sering menanam backlink dengan cara naked url, jadi hanya link saja, padahal akan jauh lebih baik jika kita menggunakan anchor text, penjelasan mengenai anchor text bisa Anda baca disini
  • Link From .edu or .gov Domain

    Sepertinya tidak perlu saya jelaskan lagi kedahsyatan Backlink yang berasal dari situs dengan domain .edi dan .gov. Karena bisa dipastikan Authority dari kedua domain tersebut sangat tinggi di mata Google.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis backlink lain yang juga berkualitas untuk SEO Blog, namun karena beberapa alasan saya memutuskan untuk menyudahi artikel ini, dan tidak menutup kemungkinan akan saya update di kemudian hari, jadi jangan sungkan-sungkan untuk mampir kembali di artikel ini.

Untuk membantu / mempermudah Anda dalam memahami pengertian mengenai apa itu Backlink, maka saya buat ringkasan kecil seputar Backlink. Silahkan Anda pelajari

One Way Backlink adalah

Backlink yang hanya mengarah pada satu halaman website tanpa adanya timbal balik disebut dengan One Way Backlink.

Site Wide Link adalah

Backlink yang berada di bagian footer, header, sidebar disebut dengan Site Wide Link.

Anchor Text Link adalah

Backlink yang berupa keyword atau kata kunci yang dibidik disebut dengan Anchor Text Link.

Internal Link adalah

Backlink yang berasal dari halaman blog itu sendiri disebut dengan Internal Link.

Link Juice adalah

Backlink yang mempunyai kualitas baik dan mampu meningkatkan ranking blog adalah Link Juice

Unnatural Inbound Link adalah

Backlink yang didapat dengan cara spam, akan dikenakan sanksi dari google yang disebut Unnatural Inbound Link.

Bad Link adalah

Backlink yang membuat ranking blog kita turun disebut dengan Bad Link.

Sin Ting adalah

Backlink yang membuat orang menjadi gila disebut dengan Sin Tink (read: sinting).

Dan, sesuai janji saya diatas bahwa saya akan membagikan infographic mengenai Backlink Factor. Langsung saja, silahkan Anda amati, cemati dan pahami.

backlink factors

Saya rasa artikel tentang SEO Backlink ini sudah cukup lenkap, dimana saya juga sudah menjelaskan mengenai Apa itu Backlink beserta jenis Backlink yang baik untuk SEO Blog, dan itu artinya selesai sudah artikel saya kali ini, semoga mbermanfaat.
sumber :
http://berguruseo.blogspot.com/2014/11/apa-jenis-backlink-yang-baik-untuk-seo-blog.html

1 komentar: