Tahapan pabrik pengolah kopra

Adapun tahapan pabrik pengolah kopra yang bisa dilakukan dengan cara penggeringan pertama cara penjemuran matahari dan biasanya memerlukan  waktu selama 5-7 hari, sangat bergantung pada kondisi cuaca, dan kualitas kopra pun sering tidak stabil, berjamur, kadar air kurang maksimal adalah ciri khas dari teknik ini. Kedua cara penjemuran bertudung plastik yang dimodifikasi dari penjemuran sinar matahari, tetapi memanfaatkan tudung plastik, kopra dijemur dalam areal plastik.  Sehingga Panas akanmasuk ke dalam areal plastik akan bertahan lama sehingga penjemuran bisa lebih cepat dari penjemuran biasa. Teknik penjemuran ini lebih baik dari cara penjemuran matahari langsung.

Pabrik Pengolah Kopra


Ketiga Pengasapan dan cara ini merupakan teknik yang sangat berkembang di petani kopra. Daging Kelapa dimasukkan ke dalam para-para tungku pengasapan dengan membakar sabut kelapa atau tempurung dibawahnya. Teknik ini membutuhkan waktu 3 harian. Terakhir atau keempat cara pengovenan dan prosesnya sebuah kelapa basah disusun dalam lemari oven yang telah tersedia, kemudian dipanasi dalam kondisi tertutup; ke dalam ruangan ini dialirkan panas dengan suhu 40 derajat Celcius sampai 80 derajat Celcius. Panas dihasilkan dari pembakaran biomassa yang menghasilkan asap dan panas, kemudian dialirkan oleh blower untuk mengaliri oven pengering kopra.

Prospek pabrik pengolah kopra


Prospek pabrik pengolah kopra ini sangat menguntungkan sekali terutama kopra putih yang melejit sangat luas sekali pemasarannya baik pasar lokal maupun ekspor, dan sekarang ini petani berahli profesi menjadi petani yang mengolah kopra putih sehingga volumenya sudah mencukupi, maka hal ini tidak menutup kemungkinan mendirikan pabrik pengolahan minyak makan dengan kapasitas kecil yang khusus memproduksi minyak makan/goreng murni dan sehat untuk kadar ekspor terutama ke masyarakat Uni Eropa yang sangat mengutamakan faktor kesehatan.

Pabrik Pengolah Kopra


Pabrik Pengolahan kopra putih dapat diintegrasikan dengan pembuatan coco fibre, arang tempurung, cuka atau alkohol. Hal ini akan lebih memberikan dampak positif terhadap peningkatan pendapatan petani kelapa, penciptaan lapangan kerja di pedeaaan, mengurangi urbanisasi, menggerakkan perekonomian rakyat dan daerah, dan juga memberi kontribusi PAD setempat serta mendukung program revitalisasi perkebunan kelapa di Sulut. Maka sebab itu sekarang ini anda jangan ragu untuk mendirikan pabrik pengolah kopra putih yang akan meningkatkan penghasilan anda dari sebelumnya.

0 komentar:

Poskan Komentar